Usaha Unik di Desa, dengan Modal Kecil dan Menjanjikan

 Bagi sebagian orang, usaha unik di desa mungkin menjadi salah satu hal yang tidak pernah terpikirkan. Padahal di saat seperti sekarang ini, usaha di desa menjanjikan prospek yang sangat menarik. Dari segi usaha, membuka peluang di daerah yang belum terjamah orang lain berarti Anda membuat sebuah usaha di tempat yang minim persaingan. Namun, Anda tetap harus memutar otak untuk membuat produk yang Anda tawarkan mudah diterima oleh masyarakat luas.

Usaha Unik di Desa, dengan Modal Kecil dan Menjanjikan

Inspirasi Usaha Unik di Desa yang Patut Dilakukan

Memulai usaha di desa juga bisa menjadi cara untuk menyembuhkan diri. Menikmati kehidupan desa yang jauh dari hiruk-pikuk kota tentu bisa menjadi pilihan saat menjalani masa pensiun besok.

Berikut ini kami rangkum beberapa usaha di desa yang dapat menjadi referensi Anda dalam membangun kesuksesan.

1. Budidaya Ikan

Meski terkesan remeh, Anda tidak boleh memAndang budidaya ikan dengan sebelah mata. Bayangkan saja, di dunia ini siapa yang tidak butuh bahan pangan?

Baik di belahan dunia manapun, bahan pangan adalah salah satu bahan yang akan selalu dicari. Oleh karena itu, menjajakan bahan pangan adalah salah satu usaha yang paling aman.

Namun, ada satu hal yang perlu Anda ingat sebelum memulai usaha unik di desa yang satu ini. Hal tersebut adalah Anda perlu memahami cara budidaya ikan yang baik terlebih dahulu. Tentu Anda tidak perlu khawatir, karena kini banyak tersedia web-web yang menyediakan tata cara budidaya yang mudah untuk diikuti.

2. Usaha Jajanan di Desa

Usaha di desa yang satu ini secara umum menggabungkan antara budaya dan juga kuliner yang menjadi ciri khas dari desa tersebut. Misalnya Anda tinggal di desa yang masyarakatnya gemar menyantap olahan ikan, maka Anda bisa menjual jajanan berbahan dasar ikan.

Keuntungan usaha ini sama halnya dengan penjelasan tentang budidaya ikan sebelumnya, yakni usaha jajanan desa juga terbilang usaha yang minim kegagalan.

Meski demikian, Anda tetap harus berpikir keras dalam menjalankan usaha unik di desa yang satu ini. Terutama di bagian pemasaran dari produk yang akan Anda jual.

3. Membuat Homestay

Selain kedua usaha di atas, bisa dibilang usaha membuat homestay adalah usaha yang paling praktis dan patut untuk Anda coba. Terlebih lagi jika Anda merupakan tuan tanah di desa yang kebetulan memiliki tabungan tanah yang cukup luas.

Semakin maraknya pengembangan di bidang pariwisata, menjadi dasar usaha yang satu ini layak Anda coba. Kebiasaan para wisatawan yang lebih menyukai suasana pedesaan adalah kekuatan terbesar dari usaha homestay ini.

Selain itu, usaha homestay juga terbilang usaha yang punya nilai jual waktu yang sangat stabil. Pasalnya, memiliki usaha unik di desa yang satu ini memang bisa diibaratkan Anda memiliki sebuah usaha properti.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel