5 Cara Transaksi Online yang Aman dan Mudah

  Zaman sekarang banyak pembayaran mudah dan tentunya cepat. Hanya dengan melalui gadget, transaksi dengan mudahnya dapat terbayarkan tanpa harus berjalan untuk mengantri di bank atau outlet di minimarket. Meskipun demikian, bertransaksi online ada banyak sekali risiko - risiko dalam keamanan yang harus selalu diperhatikan oleh masing – masing pengguna. Jika risiko tersebut sudah diperhatikan dengan baik, maka akan dapat diminimalisir dan transaksi online pun menjadi aman dan nyaman. Berikut ini 5 cara aman transaksi online yang dapat dilakukan:

5 Cara Aman Transaksi Online dan Mudah

1. Situs yang Sudah Dipercaya

Hal utama yang harus diperhatikan saat bertransaksi online yakni memilih situs online yang sudah dipercaya. Cara aman transaksi online ini biasanya dilengkapi aplikasi pendukung yang memiliki keamanan yang terjaga. Yang pada akhirnya, konsumen merasa aman dan tidak perlu takut saat ingin bertransaksi.

2. Cari Pengecer dengan Kualitas yang Bagus

Setelah menentukan situs online yang dipercaya, cara aman transaksi online selanjutnya adalah mencari pengecer dengan kualitas yang bagus. Terkadang, walau bertransaksi di toko yang menerapkan sistem marketplace, pasti ada saja pengecer yang tidak jujur. Dan berujung rugi nantinya. Maka dengannya, tetapkan pengecer yang sudah mempunyai kualitas terbagus dan sudah banyak rekomendasi serta memiliki rating terbaik dari sebagian orang.

3. Pakailah Rekening Pihak Ketiga

Rekening pihak ketiga dalam istilah transaksi online ini adalah rekening yang menjadi penengah antara penjual dan pembeli. Rekening ini bisa disebut cara teraman yang dilakukan demi kenyamanan serta agar terhindar dari berbagai macam risiko penipuan. Ini merupakan cara aman transaksi online paling aman di zaman sekarang. Sistemnya adalah, uang yang ditransfer tidak mungkin tiba pada pengecer kalau barangnya belum tiba di tujuan.

Pengecer akan berhasil mendapat uang tersebut saat pembeli mengkonfirmasi keberhasilan transaksi online yang dilakukan. Akan tetapi, apabila barang tersebut belum juga datang pada pembeli atau pesanan yang tidak sesuai, maka otomatis uang akan kembali. 

Penerapan rekening pihak ketiga ini pasalnya sudah mulai diterapkan oleh toko toko online terbesar. Terakhir bisa juga dengan kartu kredit sebagai alat pembayaran aman sebagai pilihan. Sebab, banyak orang memakai kartu kredit untuk alasan berbelanja teraman.

4. Teliti Uraian Produk Sebaik Mungkin

Sebagian besar orang banyak yang menerima pesanan tidak sesuai kemauannya. Sebab dengan mengabaikan hal kecil seperti tidak teliti sebelum membeli adalah sudah menjadi kebiasaan. Bertransaksi secara online, sudah pasti konsumen tidak dapat melihat langsung kondisi barang secara fisik dari barang yang akan dibeli.

Dengan melihat produk melalui gambar saja, ada kalanya kualitas gambar yang kurang jelas dan akhirnya tidak sesuai dengan kenyataan. Maka, akan lebih baik jika memperhatikan dahulu uraian produk dengan sangat teliti sebelum membeli.

5. Jauhi Pemakaian Internet Bersama

Efek buruk yang terjadi pada transaksi melalui online yakni personalitas ataupun data pribadi akun mudah terbongkar oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Maka dari itu, agar terhindar dari pembobolan data, ada baiknya menjauhi pemakaian internet bersama saat mengakses transaksi online. Memakai internet bersama ini sangat tinggi risiko yang akan terjadi. Maka demikian, penggunaan jaringan internet pribadi lebih baik untuk lebih hati – hati dan menjaga keamanan serta kenyamanan saat bertransaksi.

Beberapa cara aman transaksi online di atas sangat mudah dilakukan semua orang. Pasalnya, berubahnya zaman bukanlah salah satu hal yang menakutkan bagi sebagian orang. Karena hanya dengan beradaptasi pada kehidupan yang sekarang semua akan terasa lebih mudah. Namun, ada kalanya untuk tetap membatasi diri dalam bertransaksi online. Jangan sampai menjadi seseorang yang konsumtif karena kemajuan teknologi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel