6 Cara Daftar Agen BRILink Bagi Nasabah Setia BRI

 Tingkat aktivitas  keuangan masyarakat  semakin bertambah. Namun, jarak kantor cabang Bank dan keberadaan mesin ATM menjadi penghambatnya. Agen BRILink lah jawaban untuk mengatasi permasalahan tersebut. Kehadirannya sangat membantu masyarakat untuk memanfaatkan layanan perbankan sesuai kebutuhan. Oleh karena itu banyak orang yang ingin menjadi agen BRILink, lantas bagaimana cara daftar agen BRILink? 

6 Cara Daftar Agen BRILink Bagi Nasabah Setia BRI

Bagi masyarakat awam mungkin menjadi agen BRILink adalah sesuatu yang sulit, namun sebenarnya mudah asalkan mereka merupakan salah satu nasabah setia bank BRI. Yuk simak cara daftar agen BRIlink berikut ini agar mudah dipahami!

1. Memenuhi Persyaratan Agen BRILink

Sebelum menjadi agen BRILink wajib hukumnya memenuhi persyaratan yang telah ditentukan oleh Bank BRI, apabila salah satu saja dari syarat tidak dipenuhi maka permohonan menjadi agen akan otomatis ditolak oleh pihak bank.

Kurang lebih ada 6 syarat yang wajib dipenuhi yaitu: Seorang WNI perorangan / instansi non hukum artinya penawaran menjadi agen hanya berlaku untuk orang Indonesia. Memiliki usaha minimal 2 tahun yang bisa dibuktikan dengan kepemilikan surat keterangan usaha.

Selanjutnya, memiliki rekening tabungan BRI dan menyetorkan uang jaminan sebesar 3 juta serta saldo tersebut bersedia diblokir selama menjadi agen, harus memiliki smartphone android minimal OS 4.4, akses internet dan printer mobile bagi agen BRILink Mobile. Terakhir belum pernah menjadi agen dari bank lain.

2.  Menyerahkan Dokumen Identitas dan Kepemilikan Rekening

Dokumen identitas yang wajib disetorkan kepada pihak bank adalah Kartu Tanda Penduduk dan Nomor Pokok Wajib Pajak. Selain itu pemohon juga wajib menyetorkan kepemilikan rekening BRI atas nama pemohon baik tabungan maupun rekening koran bentuk dokumen adalah hardfile/ fotokopian dan bukan dokumen asli.

3. Menyerahkan Dokumen Legalitas Usaha

Untuk yang mendaftar menjadi agen BRILink berbasis  berbadan usaha dokumen yang harus disetorkan adalah keterangan usaha minimal dari RT/RW atau desa. jika yang akan didaftarkan adalah usaha berbadan hukum dokumennya akta pendirian. Sedangkan untuk perorangan dokumen yang wajib disetorkan adalah fotokopi SK pengangkatan pegawai tetap atau SK pensiunan.

4. Melengkapi Dokumen dan Mengisi Formulir

Sebagai calon agen BRILink berarti selain penyetoran dokumen-dokumen di atas juga harus melengkapi hal lain yang diminta pihak bank misalnya surat kesepakatan atau perjanjian yang dibuat oleh pihak bank dan pemohon. Kemudian, melakukan pengisian formulir pengajuan agen BRILink. Untuk pengisian formulir bisa dilakukan sendiri (jika bisa )maupun dibantu oleh staf customer service bank BRI agar menghindari kesalahan pengisian.

5. Mengajukan Seluruh Kelengkapan

Setelah semua persyaratan terpenuhi dan dokumen-dokumen juga semuanya sudah siap maka langkah terakhir adalah menyerahkannya kepada pihak bank. Pengajuan kelengkapan menjadi agen BRILink bisa dilakukan di Kantor Cabang BRI, KCP BRI, ataupun BRI Unit serahkan kepada staf yang bertugas dan tunggu sampai permohonan disetujui.

6. Memahami Transaksi

Sebagai bekal mengetahui transaksi yang bisa dilakukan adalah sesuatu yang wajib. Kurang lebih ada 3 transaksi yang bisa dilakukan oleh agen BRILink sebagai pengetahuan basicnya yaitu layanan keuangan digital, laku pandai dan mini ATM BRI.

Layanan keuangan digital berarti agen bisa memberikan layanan seperti setor, tarik tunai dan top up BRIZZI. Laku pandai berarti agen BRILink bisa melakukan transaksi seperti referral pembiayaan kredit mikro, referral pembukaan tabungan BSA, pembelian produk asuransi mikro dan pembayaran tagihan seperti listrik, air, pajak dan zakat.

Agen BRILink juga bisa melakukan transaksi non tunai layaknya di ATM. Macam transaksi tersebut antara lain seperti: transfer, beli pulsa, bayar cicilan, bayar iuran BPJS dan top up dana ovo.

Itulah 6  langkah atau cara daftar agen BRILink yang harus dilakukan untuk menghindari terjadinya penolakan oleh pihak bank. Tidak boleh ada satupun yang terlewat karena jika itu terjadi secara otomatis permohonan pengajuan menjadi agen BRILink akan ditolak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel