9 Syarat Kredit Tanpa Agunan di Bank Mandiri

Pemerintah telah memberikan anggaran khusus untuk memberikan pinjaman kredit tanpa agunan. Salah satunya, melalui Bank Mandiri. Pinjaman ini diberikan melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR), yang merupakan pinjaman untuk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Sebelum mendaftar, pahami terlebih dahulu jenis KUR mana yang cocok dan sesuai. Terpenuhinya syarat akan sangat menentukan keberhasilan pengajuan kredit. Berikut syarat kredit tanpa agunan Mandiri!

9 Syarat Kredit Tanpa Agunan di Bank Mandiri

1. Warga Negara Indonesia yang berdomisili di Indonesia

Karena bantuan kredit ini berasal dari pemerintah, maka tentunya ada persyaratan untuk mendapatkannya. Salah satu syarat kredit tanpa agunan Mandiri adalah pemohon merupakan warga negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di Indonesia.

2. Hitung Jumlah Penghasilan

Syarat selanjutnya yaitu, bagi calon pemohon dengan  payroll Bank Mandiri, maka harus berpenghasilan minimal 2,5 juta rupiah per bulannya. Sedangkan bagi pemohon yang merupakan nasabah non payroll Mandiri, penghasilan minimal yaitu 3 juta rupiah per bulan. Sedangkan batas limit yang bisa diajukan adalah maksimal mencapai lima kali gaji bulanan.

3. Tidak Memiliki Kredit Lain

Salah satu syarat kredit tanpa agunan Mandiri, pastikan jika sebelum mendaftar jika telah terbebas dari kredit lain. Misalnya kredit rumah, kredit kendaraan, ataupun kartu kredit dan kredit dari bank lainnya. Jangan sampai mencoba mendaftar jika sudah tergabung karena akan berisiko tinggi.

4. Tidak Masuk Daftar Hitam

Berikutnya, pastikan jika tidak masuk ke daftar hitam bank Indonesia nasional baik penarik cek atau giro kosong. Ini merupakan poin penting sebab bila memiliki daftar hitam, maka bisa dipastikan jika pengajuan bisa mengalami kegagalan.

5. Ada Usaha

Poin penting selanjutnya, pastikan juga jika sebelum mendaftar telah memiliki usaha. Ini merupakan poin utama sebab bantuan ini ditujukan pada pemilik usaha UKM baik mikro, kecil, hingga menengah. Kriteria usaha yang tepat adalah usaha produktif dan layak yang telah berjalan sekurang-kurangnya enam bulan.

6. Usia

Langkah berikutnya yaitu melihat usia. Usia calon pendaftar yang sesuai dengan kriteria pendaftar kredit tanpa agunan ini, yaitu minimal 21 tahun atau sudah menikah atau saat kredit lunas usia maksimal debitur yaitu maksimal 60 tahun.

7. Menyiapkan Syarat Dokumen

Ada beberapa dokumen yang tentunya harus dipersiapkan sebelum mengajukan. Dokumen yang dibutuhkan antara lain yaitu, fotokopi KTP pemohon, fotokopi kartu keluarga, fotokopi surat nikah atau surat cerai (bila bercerai), pas foto 4x6 suami istri, memiliki surat keterangan usaha, dan untuk peminjam dengan limit lebih dari 50 juta rupiah maka wajib menyertakan NPWP.

8. Mengisi Formulir

Selanjutnya, jika sudah terpenuhi berbagai persyaratan di atas maka langkah berikutnya yaitu mengunjungi Bank Mandiri terdekat. Tanyakan kepada petugas perihal pinjaman kredit tanpa agunan ini, lalu petugas akan memberikan formulir yang harus diisi. Kemudian isikan data itu dengan benar. Jika kebingungan maka tanyakan pada petugas.

9. Tertib dalam Mengangsur

Terakhir, jika lolos maka usahakan untuk tertib dalam mengangsur. Usahakan untuk patuh dan rutin dalam membayar kredit ini agar tidak mendapatkan catatan hitam sebab tidak pernah membayar angsuran. Apabila sampai telat membayar angsuran, maka bisa terkena denda.

Begitulah rangkaian tahapan dari syarat kredit tanpa agunan Mandiri. Banyaknya anggaran yang telah dianggarkan pemerintah hendaknya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Jika merasa telah memenuhi segala syarat, maka lebih baik segera mendaftar sebelum kuota penerimaan habis. Perhatikan dengan benar setiap syarat yang ada. Terpenuhinya syarat-syarat yang ada, akan sangat menentukan keberhasilan dalam mendaftar kredit tanpa agunan Bank Mandiri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel