Cara Membuat Tabungan untuk Anak di BRI

 Nasabah BRI tidak hanya teruntuk usia dewasa saja. Faktanya, anak-anak di bawah 17 tahun, bahkan di bawah usia 12 tahun pun bisa mendaftar menjadi nasabah. Tabungan Junio dan SimPel merupakan rekening yang ditujukan pada anak-anak. Untuk usia di bawah 12 tahun bisa didampingi dan menggunakan identitas orang tua untuk mendaftar. Berikut cara membuat tabungan anak BRI!

Cara Membuat Tabungan untuk Anak di BRI

1. Siapkan Persyaratan yang Lengkap

Langkah pertama yaitu pastikan jika sudah memahami syarat untuk mendaftar tabungan anak BRI.  Siapkan juga dokumen yang dibutuhkan, yaitu untuk usia yang masuk ke dalam kriteria dibawah 12 tahun atau diatas 12 tahun yang belum masuk usia 17 tahun.

Sedangkan untuk usia di bawah 12 tahun, maka harus didampingi oleh orang tua dan orang tua wajib memiliki tabungan BRI berupa BritAma ataupun Simpedes, jika belum memiliki maka wajib untuk membuat terlebih dahulu. Sedangkan untuk usia diatas 12 tahun maka diperbolehkan untuk mendaftar seorang diri tanpa pendamping orang tua.

Akan tetapi memiliki syarat lain yaitu dengan membawa kartu pelajar (dengan membawa aslinya), KTP orang tua atau wali, dan surat persetujuan untuk mengetahui dan menyetujui pembuatan rekening. Selanjutnya, menyiapkan setoran awal, untuk usia di bawah 12 tahun memiliki setoran awal sekurang- kurangnya yaitu Rp. 100 ribu rupiah. Sedangkan untuk usia di atas 12 tahun adalah sekurang- kurangnya yaitu Rp.150 ribu rupiah.

2. Datangi Cabang BRI Terdekat

Cara membuat tabungan anak BRI  terbilang cukup mudah, langkah kedua yang harus dilakukan adalah datangi cabang BRI terdekat dengan membawa segala persyaratan untuk mendaftar tabungan anak. Selanjutnya, ambil nomor antrian pada customer service. 

Tunggu sampai giliran terpanggil, dan katakan petugas jika ingin membuat tabungan anak.  Sekedar tips agar tidak terlalu lama untuk menunggu antrian, maka usahakan untuk datang pagi dan mengambil nomor antrian terlebih dahulu.

3. Lakukan Pendaftaran Sesuai Instruksi

Cara berikutnya adalah dengan melakukan prosedur pendaftaran sesuai yang diinstruksikan oleh petugas. Sebelum itu petugas akan menjelaskan tentang semua jenis rekening pelajar, baik mulai dari limit, jumlah setoran awal, dan kelebihannya. Nanti petugas akan meminta untuk mengisi beberapa persyaratan, baik itu mengisi formulir, tanda tangan hingga berfoto. Dan pastikan untuk mengisi formulir dengan benar.

4. Bayar Setoran Awal

Setelah proses pendaftaran selesai, customer service akan meminta untuk membayar setoran awal sebagai tabungan pertama. Jumlah setoran awal memiliki nilai minimal. Misal untuk tabungan junio melakukan setoran awal sejumlah Rp.100.000. untuk anak usia di bawah 12 tahun, sedangkan untuk usia di bawah 17 tahun setoran minimal adalah Rp.150.000.

5. Buat Pin ATM

Langkah berikutnya adalah membuat pin ATM. Petugas akan mengantarkan calon nasabah untuk membuat pin ATM yang berjumlah 6 digit angka. Buat pin yang cukup sulit dengan menggunakan perpaduan angka. Meski begitu, pastikan untuk membuat pin yang mudah diingat anak. Hindari juga menggunakan tanggal lahir saat membuat pin. Sangat disarankan untuk menggunakan kombinasi angka yang mudah.

6. Pastikan Pendaftaran Telah Berhasil

Setelah rangkain langkah tersebut, tahap akhir adalah memastikan jika nasabah telah mendapatkan buku rekening, kartu debit setelah pendaftaran berhasil. Nasabah juga bisa mendaftar untuk fasilitas internet banking atau mobile banking.

Itulah langkah-langkah yang berupa cara membuat tabungan anak BRI. Calon nasabah bisa memilih jenis tabungan mana yang akan mereka pilih. Tabungan ini memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Namun, caranya yang mudah bisa menjadi alternatif bagi anak yang ingin memiliki tabungan sendiri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel