Serumpun Tapi Tak Sama, Kenali Perbedaan Bank Mandiri dengan Mandiri Taspen !

 Memiliki banyak cabang perusahaan, sering kali membuat nasabah dari Bank Mandiri keliru dalam memahami tugas dan pelayanannya. Diketahui bahwa Bank Mandiri sangat mengayomi nasabahnya, sehingga muncul beberapa pemahaman tentang Bank Mandiri terutama dengan Mandiri Taspen. Daripada salah langkah, berikut adalah ulasan tentang perbedaan Bank Mandiri dengan Mandiri Taspen.

Perbedaan Bank Mandiri dengan Mandiri Taspen

Perbedaan Bank Mandiri dengan Mandiri Taspen

1. Cikal Bakal Perusahaan

Implementasi program pemerintah tentang penyusunan kembali perbankan Indonesia pada 2 Oktober 1998 melahirkan Bank Mandiri. Kemudian dunia perbankan Indonesia mengalami perubahan kembali, dimana pada bulan Juli 1999 empat bank milik Indonesia mengalami merger. Keempat bank tersebut adalah bank yang memiliki pengaruh besar terhadap roda perekonomian Indonesia, terutama terkait dengan kegiatan ekspor impor.

Sedangkan, PT Bank Mandiri Taspen Pos didirikan pada 3 November 1992, dengan nama awal PT Bank Sinar Harapan Bali. Perusahaan ini didirikan dengan tujuan alih status badan hukum dari Maskapai Andil Indonesia (MAI) menjadi Perseroan Terbatas (PT). Dalam alih status ini banyak sekali hal yang perlu diperhatikan terutama adalah pengawasan dan juga peningkatan modal dan juga susunan pemegang saham.

Nama Bank Mandiri Taspen Pos dipengaruhi oleh banyaknya pemegang saham didalamnya. Diantaranya adalah PT Taspen dan PT Pos Indonesia. Kemudian pada tanggal 23 Desember 2017 resmi berganti nama menjadi PT Bank Mandiri Taspen dan telah disetujui oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

2. Corporate Social Responsibility Program

Perbedaan Bank Mandiri dengan Mandiri Taspen yang kedua adalah program CSR dari kedua bank tersebut. Dimana Bank Mandiri lebih memfokuskan peningkatan citra perusahaan melalui keikutsertaan dalam program pemerintah, yakni mensejahterakan masyarakat. Selain itu, Bank Mandiri juga turut dalam mengatasi permasalahan sosial, pendidikan dan lingkungan demi kemakmuran negeri.

Disisi lain, Mandiri Taspen memiliki program pembentukan citra perusahaan melalui penerapan keuangan berkelanjutan. Tujuan utama dari program ini adalah memberikan kesejahteraan ekonomi dan sosial bagi seluruh rakyat. Dimana sasaran utama dari Mandiri Taspen adalah para pelaku UMKM dan juga pensiunan. Dengan harapan siklus perekonomian mereka akan terus berlanjut dan mengalami peningkatan.

3. Program Layanan Tabungan

Menabung termasuk hal wajar ketika kita mendaftar di bank, selain uang kita aman hal ini juga membantu mobilitas perekonomian Indonesia. Perbedaan Bank Mandiri dengan Mandiri Taspen dalam ranah program tabungan yakni Bank Mandiri menawarkan Tabungan Rupiah, Tabungan Now, Tabungan Valas,Tabunganku, Tabungan Payroll – Individu, Tabungan Rencana dan Layanan deposito lainnya.

Sedangkan Mandiri Taspen memberikan pelayanan yang hampir seluruhnya ditujukan oleh para pensiunan, diantaranya adalah Tabunganku, Tabungan Simantap Berjangka, Tabungan Simantap, Tabungan Simantap Pensiun, Deposito Mantap dan juga Giro.

4. Layanan Pinjaman

Mobilitas perbankan akan terus meningkat bila ada aktivitas simpan pinjam di dalamnya. Bank Mandiri menawarkan program pinjaman yakni Kredit Serbaguna Mandiri, Kredit Kendaraan Bermotor, Kredit Kepemilikan Rumah, dan Kredit Multiguna. Sedangkan Mandiri Taspen menawarkan Kredit Mantap Pensiun, Retail dan juga Mikro.

5. Transaksi

Kegiatan pembayaran yang bisa dilakukan oleh Bank Mandiri antara lain yaitu, Mandiri Online yang berupa aplikasi, melalui ATM, dan SMS Banking. Dalam aplikasi Mandiri Online diberikan kemudahan bertransaksi seperti transfer antar bank dan pemindahbukuan.

Bank Mandiri Taspen juga memiliki aplikasi serupa yaitu Mantap Mobile. Ada juga kemudahan transaksi lewat LINK dan ATM. Selain hal tersebut, ada juga layanan SBS yang berguna untuk melayani nasabah pensiunan PNS dan TNI/Polri. Layanan yang disediakan ini adalah layanan digital yang efektif sangat efisien

Nah, jadi begitulah perbedaan Bank Mandiri dengan Mandiri Taspen mulai dari cikal bakal terbentuknya perusahaan tersebut hingga layanan yang ditawarkan. Semoga gambaran mengenai perbedaan antar keduanya dapat membantu dalam memilih pelayanan Bank sesuai dengan kebutuhan dan juga jangan lupa untuk terus menabung agar sejahtera di hari tua serta turut serta dalam mensejahterakan masyarakat Indonesia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel