Ternyata Nggak Ribet! Inilah Syarat Buka Tabungan Emas Pegadaian

 Menabung tentunya sangatlah berguna sebagai simpanan dana untuk masa depan. Dana tersebut tentu saja bisa digunakan jika dibutuhkan untuk keperluan yang tak terduga. Kini, menabung sudah bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan investasi nabung emas di Pegadaian. Artikel ini akan membahas mengenai syarat buka tabungan emas Pegadaian.

Ternyata Nggak Ribet! Inilah Syarat Buka Tabungan Emas Pegadaian

Harga emas dipasaran terkadang bisa turun, tapi terkadang juga bisa naik sangat pesat. Jika pintar dalam pembelian dan penjualan emas, tentunya hal tersebut bisa menguntungkan. Ingin tahu informasi lebih lengkapnya? Langsung saja cek artikel dibawah ini!

1. Menyiapkan Kartu Identitas

Untuk syarat buka tabungan emas Pegadaian, sebenarnya tidaklah terlalu ribet. Bisa dikatakan prosesnya hampir sama seperti pembukaan tabungan di bank pada umumnya. Hal pertama yang harus disiapkan adalah kartu identitas yang masih berlaku seperti KTP atau Paspor.

Cukup bawa KTP atau Paspor asli saja. Tidak perlu repot-repot difotokopi karena petugas Pegadaian hanya membutuhkan data nomor identitas saja.

2. Datang ke Cabang Terdekat

Setelah menyiapkan kartu identitas, langkah selanjutnya adalah dengan mendatangi kantor cabang pegadaian terdekat. Sebenarnya calon nasabah juga bisa mendaftar secara online terlebih dahulu untuk membuat akun secara mandiri. Namun, nasabah juga tetap diharuskan datang ke kantor untuk aktivasi dan pengambilan buku rekening.

Terus, apa untungnya mendaftar dulu secara online? Keuntungannya adalah nasabah akan terbebas dari biaya administrasi pembukaan rekening dan biaya penitipan emas pada 1 tahun pertama. Jika langsung mendaftar di outlet, nasabah akan dikenakan biaya pembukaan rekening sebesar Rp.10,000 dan akan langsung dikenakan biaya penitipan emas pada tahun pertama sebesar Rp.30,000.

3. Mengambil Nomor Antrian dan Mengisi Formulir

Jika calon nasabah sekalian bingung dengan cara pendaftaran online dan lebih memilih untuk datang langsung, langkah selanjutnya adalah mengisi formulir dan mengambil nomor antrian.

Saat datang ke kantor, katakan kepada satpam bahwa calon nasabah sekalian ingin membuka rekening tabungan emas. Maka, satpam tersebut akan mengarahkan untuk mengisi formulir terlebih dulu. Pastikan data seperti nomor telepon, email, dan rekening bank sudah terisi dengan benar. Selanjutnya kita akan diberi nomor antrian.

4. Menunggu Proses Pembuatan Rekening Selesai

Setelah semua data diisi dengan benar, serahkan formulir kepada petugas. Kemudian, tunggu saja sampai proses pembuatan rekening selesai. Biasanya proses ini akan memakan waktu kurang lebih sepuluh sampai dengan lima belas menit lamanya.

Tidak perlu merasa heran atau curiga, apalagi sampai marah kepada pegawai karena lama kerjanya. Lamanya proses pembuatan rekening tabungan emas ini karena data harus benar-benar dipastikan sudah benar. Selagi menunggu, cobalah untuk membaca informasi soal keuntungan yang ditawarkan oleh menabung emas ini.

5. Mulai Berinvestasi

Setelah buku rekening didapat, syarat buka tabungan emas Pegadaian yang terakhir tentunya nasabah sekalian harus mulai berinvestasi dengan membeli emas lewat aplikasi pegadaian, maupun lewat aplikasi Shopee. Karena sekarang ini, Shopee sudah bekerja sama dengan pegadaian agar nasabah bisa membeli emas lewat aplikasi tersebut.

Sedikit tips dalam berinvestasi emas, ada baiknya kita membeli saat harga emas dipasaran sedang turun dan stabil di harga tersebut dalam jangka waktu tiga hari. Saat itulah sebaiknya kita membeli emas. Karena jika kita membeli emas saat sedang naik, bisa bisa kita rugi jika suatu saat harganya turun.

Sebagai informasi tambahan, saldo emas di rekening nasabah sekalian tidak akan hilang meskipun sudah lama tidak menabung. Asalkan saldo masih mencukupi untuk membayar biaya penitipan Rp.30,000/tahun. Jika saldo benar benar tidak mencukupi atau bahkan kosong, maka rekening tersebut akan secara otomatis ditutup.

Nah! Itu tadi adalah sedikit informasi mengenai syarat buka tabungan emas Pegadaian. Intinya, dalam berinvestasi emas para nasabah dituntut untuk bisa cerdas dalam mengambil kesempatan untuk membeli, maupun dalam menjual emas. Semoga Artikel ini bisa sedikit membantu dan menambah pengetahuan bagi para pembaca sekalian. Terima kasih telah membaca sampai selesai.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel