Informasi Penting! Inilah Syarat Pengajuan Kredit BRI yang Harus Dipenuhi

 Pengajuan kredit sebenarnya tidaklah sulit asal tidak memiliki track record yang terhadap perbankan sebelumnya. Jika ada masalah atau riwayat buruk  maka akan diblacklist. Artinya pengajuan pinjaman atas nama pemohon dalam program pinjaman apapun itu akan ditolak. Karena itulah syarat pengajuan kredit BRI yang sangat krusial bahkan bisa dikatakan syarat mutlak hampi seluruh bank di Indonesia.

Syarat Pengajuan Kredit BRI

Seiring dengan berjalannya waktu dan meningkatnya jumlah konsumsi masyarakat pengajuan kredit ke berbagai bank yang ada di Indonesia melonjak naik. Salah satunya adalah bank BRI. Namun banyak yang pengajuannya ditolak , salah satu alasannya adalah tidak terpenuhinya syarat pengajuan kredit BRI yang telah ditetapkan.

Selain menjadi nasabah bersih yang artinya tidak masa laulu buruk terkait perbankan BRI punya syarat tersendiri yang wajib dipenuhi. Kurang lebih ada 5 hal penting yang tidak boleh terlewatkan. Jika salah satu saja tidak terpenuhi kemungkinan besar permohonan kredit ditolak, berikut syarat-syaratnya:

1. Memenuhi Usia Minimal

Sebagai syarat pengajuan kredit BRI usia pemohon wajib minimal 21 tahun atau sudah menikah yang nanti dibuktikan dengan kartu identitas. Dalam hal ini jangan sekali-kali melakukan pembohongan publik karkarena otomatis terdeteksi sistem, jika iya maka akan permohonan otomatis ditolak.

2. Menyiapkan Berbagai Dokumen Fotokopi

Dokumen yang wajib disiapkan sebagai syarat permohonan antara lain : identitas diri seperti KTP dan SIM,akta nikah, kartu keluarga, tabungan BRI, slip gaji bulanan, NPWP, dan sebagainya. Semua dokumen difotokopi satu-satu sebagai syarat permohonan.

3. Formulir Pengajuan Pinjaman

Sebelum mengisi formulir pengajuan harus terlebih dahulu jenis pinjaman di BRI,kurang lebih ada 16 program pinjaman yang bisa diambil yang bisa ditanyakan dan dijelaskan langsung oleh pegawai BRI.

Untuk mendapatkan formulir pengajuan pinjaman bisa datang dan minta langsung kepada petugas BRI dibagian Customer Service. Isi dengan jujur dan benar semua yang tertera di formulir. Isi formulir pengajuan biasanya identitas lengkap pemohon pinjaman, besaran uang yang dipinjam, dan berbagai kesepatan yang wajib ditanda tangani. Biasanya enam rangkap dokumen.

4. Surat Kesanggupan dan Dokumen Penting

Menandatangani dan menyetujui hal-hal yang tercantum di surat kesanggupan berikut kesepakatan dan lain-lainnya di atas materai. Untuk dokumen penting disini yang dimaksud adalah surat berharga yang ditetapkan sebagai jaminan atas pinjaman yang dilakukan.

Dokumen tersebut bisa berupa sertifikat tanah maupun BPKB motor atau, dalam hal ini yang diserahkan kepada pihak bank adalah dokumen asli sebagai tanda moral untuk menyanggupi pembayaran cicilan.

5. Membuat Pengajuan Sesuai Domisili 

Untuk mempermudah proses pengajuan dilakukan sesuai dengan domisli pemohon di kartu identitas diri yang dimiliki. Apabila domisili pemohon tidak sesuai  biasanya akan permohonan akan langsung ditolak .

Untuk menghindari hal ini terjadi maka apabila anda domisili di luar kota dan ingin ambil pinjaman di kampung halaman bisa memakai identitas wali  yang ada di kampung. Istilahnya pinjam namalah seperti anak di luar kota sudah bekerja dan memiliki penghasilan tetap maka anak tersebut bisa menggunakan nama orang tuanya.

Setelah syarat tak tertulis dan 5 syarat tersebut  terpenuhi biasanya permohonan akan langsung di ACC. Kemudian akan ada sesi  dokumentasi bersama staff  BRI sebagai bukti otentik. Pencairan dananya pun bisa dilakukan hari itu juga biasanya kalau diproses dari pagi jam lima sore juga uangnya sudah masuk ke ATM pemohon.

Itulah lima syarat pengajuan kredit BRI yang wajib dipenuhi oleh pemohon sebelum mengajukan permohonan kreditnya. Tidak boleh ada syarat yang terlewatkan karena salah satu saja tidak terpenuhi maka kemungkinan besar permohonan kredit akan ditolak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel