6 Tips Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak

 Kartu kredit sudah tidak asing lagi di tengah zaman, terutama penggemar e-commerce. Menyesuaikan perkembangan zaman dengan tawaran kemudahan bertransaksi, jelas kartu kredit banyak peminatnya. Sebagai milenial, tentunya wajib memahami dan mengetahui hal terkait kartu kredit agar dapat merasakan manfaatnya. Banyak tips menggunakan kartu kredit dengan bijak yang bisa diterapkan agar tidak menimbulkan dampak buruk.

Tips Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak

Tips Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak

1. Belanja Sesuai Kebutuhan

Kebiasaan konsumtif dengan adanya kartu kredit jelas menimbulkan masalah jika penggunanya tidak mampu mengontrol pengeluaran. Tips menggunakan kartu kredit dengan bijak dalam hal ini adalah penggunanya wajib memahami perbedaan antara kebutuhan dan keinginan.  Ketika menggunakan kartu kredit tanpa mampu memilah, jelas beban ke depannya adalah tanggungan yang tumpang tindih dengan kebutuhan. Gunakan kartu kredit seperlunya.

2. Miliki Kartu Kredit Secukupnya

Jelas dengan kemudahan yang ditawarkan oleh penerbit kartu kredit lain memiliki perbedaan. Jika sebagai peminat kartu kredit usahakan jangan memiliki kartu kredit yang berlebihan dan tidak sesuai kebutuhan. Solusi jika ingin memiliki kartu kredit lain, usahakan sesuai dengan keperluan. Mencegah memiliki kartu kredit yang berlebihan akan meringankan beban tagihan bulanan maupun biaya yang lain. Tentu hal ini akan meringankan keuangan pengguna.

3. Jangan Berbagi Kartu Kredit

Dalam kegiatan sehari-hari, tidak jarang ada beberapa hal darurat yang mengakibatkan kegiatan pinjam meminjam kartu kredit. Sebaiknya hal seperti ini dicegah demi keamanan keuangan pengguna. Saat memutuskan untuk berbagi kartu kredit, kendali penuh atas kartu kredit dan informasi pribadi akan terancam.

Bahkan, dapat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti bertanggung jawab atas pengeluaran orang lain yang berbagi kartu kredit yang sama. Jika dihadapkan dengan situasi darurat, lebih baik menggunakan uang tunai secara langsung.

4. Hindari Menarik Uang

Sistem dalam kartu kredit adalah sistem pembayaran dengan fasilitas pembayaran dari bank. Jika penggunanya tidak bijak dalam menggunakan kartu kredit, seperti menarik uang tentunya hal ini akan menimbulkan masalah kedepannya. Penggunanya perlu membayar nominal sesuai transaksi ke pihak bank yang bersangkutan.

Selain itu, transaksi tarik tunai melalui kartu kredit juga dikenakan bunga yang cukup besar dan tentunya semakin menambah pengeluaran. Hal ini dapat dicegah selama penggunanya menggunakan kartu kredit secara bijak dan memiliki konsistensi.

5. Bayar Tagihan Secara Rutin

Menjadi pengguna yang bertanggung jawab akan memudahkan serta menghindari masalah dikemudian hari. Tentu setiap bulannya, pengguna wajib membayar biaya sebagai bentuk tanggung jawab atas kartu kreditnya. Tips menggunakan kartu kredit dengan bijak, dalam hal ini adalah tidak menunda pembayaran yang bisa menimbulkan pembengkakan.

Jangan lupa dengan adanya bunga jika ada penunggakan terkait suatu biaya. Jika semakin lama menunda dan tidak menerapkan pembayaran secara rutin tentunya akan mengganggu keuangan penggunanya. Selain itu, adanya batas waktu yang diberikan sebaiknya diperhitungkan untuk mencegah pengeluaran yang tidak terkontrol.

6. Teliti dan Cermat

Ketelitian dan kecermatan pengguna kartu kredit wajib dimiliki demi mencegah masalah hutang dengan bank. Teliti atas diri sendiri seperti ketidaktepatan pembayaran bulanan yang terkait dengan pengeluaran lain patut dikoreksi. Seringkali orang terjerat hutang dengan bank karena tidak mampu mengidentifikasi dan mengontrol penggunaan kartu kredit. Selain itu, adanya tagihan bulanan perlu diperiksa dengan cermat guna mengetahui transaksi lain.

Keenam tips diatas adalah tips menggunakan kartu kredit dengan bijak yang dapat diterapkan oleh pengguna kartu kredit. Terlepas dari kemudahan dan efektivitas kartu kredit, jika penggunanya tidak mampu menggunakan secara tepat maka akan menimbulkan dampak buruk bagi keuangan. Maka biasakanlah keenam tips tersebut agar maksimal dalam merasakan manfaat kartu kredit.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel