Usaha yang Cocok untuk Pemula di Pedesaan yang Patut Dicoba

Bagi seorang pemula yang kini tengah tinggal di desa dan ingin membangun sebuah usaha, tak perlu khawatir. Sebab, ada banyak peluang usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan yang dapat Anda lakukan. Tentunya tidak membutuhkan modal yang banyak dan mudah untuk dilakukan. Sehingga memiliki resiko kegagalan yang rendah.

Usaha yang Cocok untuk Pemula di Pedesaan yang Patut Dicoba

Usaha yang Cocok untuk Pemula di Pedesaan

Bagi seorang pemula, menjalankan sebuah bisnis maupun usaha merupakan tantangan tersendiri. Maka dari itulah, perlu kesiapan dan perencanaan yang matang agar usaha dapat berjalan dengan lancar.

Berikut ini terdapat beberapa contoh usaha yang cocok bagi Anda seorang pemula yang tinggal di pedesaan. Usaha-usaha ini mudah untuk dijalankan dan memberikan keuntungan lumayan besar bila ditekuni dengan baik.

1. Ternak Ayam Kampung

Salah satu usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan yang bisa Anda tekuni yaitu beternak ayam kampung. Bagi seorang pemula, usaha ini dinilai lebih mudah jika dibandingkan dengan usaha ternak sapi maupun kambing.

Pasalnya, usaha ternak ayam kampung ini lebih terjangkau dan juga sangat menjanjikan. Jika di pasaran, telur ayam kampung bila dibandingkan dengan telur ayam ras, maka harganya lebih mahal.

Tidak hanya telurnya saja yang bisa Anda panen, melainkan daging ayam kampung ini juga memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Untuk memulai usaha ini, Anda bisa memilih jenis sistem yang biasa diterapkan.

Sistem umbaran dan juga sistem semi intensif. Dari kedua sistem ini, yang paling cocok diterapkan di desa adalah sistem umbaran. Sebab, dengan menerapkan sistem tersebut Anda tidak perlu repot-repot mengurusi maupun memanajemen pakan maupun kandang.

Anda hanya cukup dengan menyediakan kAndang berbentuk sederhana. Sehingga bisnis ini dijamin tidak ribet dan sangat mudah untuk dilakukan.

2. Budidaya Ikan Lele

Usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan selanjutnya yaitu budidaya ikan lele. Sebenarnya terdapat banyak pilihan yang bisa Anda lakukan untuk memilih jenis usaha di desa.

Salah satunya adalah dengan pembibitan lele ini. Usaha yang satu ini merupakan usaha yang berfokus pada bagian pemeliharaan induk lele.

Kemudian kita pijahkan dan bertelur. Setelah itu, menghasilkan ribuan bibit. Ketika sudah berbentuk bibit, Anda hanya perlu memberikannya makanan khusus seperti halnya cacing sutera.

Pakan alami ini diperuntukkan bagi benih yang tumbuh hingga ukuran tubuh tertentu. Untuk sistem jualnya sendiri, sangatlah mudah.

Para pembudidaya yang fokus pada pembesaran lele akan datang ke rumah Anda untuk membelinya. Selain Anda menggeluti pembenihan lele ini, Anda juga bisa membesarkannya hingga siap untuk dikonsumsi.

Untuk usaha ini, Anda hanya perlu menyediakan kolam-kolam khusus di halaman maupun sekitar rumah Anda. Kelebihan dari budidaya lele ini, karena lele merupakan jenis ikan yang mampu bertahan hidup meskipun di dalam kondisi air yang keruh.

Usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan satu ini mudah untuk mengembangkannya. Pasalnya, banyak rumah-rumah makan yang membutuhkan ikan lele sebagai menu masakan mereka. Sehingga permintaan lele ini selalu ada.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel